Kamis, 29 Desember 2011

Jangan Stres Ketika UAS, Ya..




Diakhir bulan desember harusnya kita hepi hepian bareng keluarga, teman atau pacar untuk menyambut hari natal bagi yang merayakan dan tentunya juga menyambut pergantian tahun. Tapi apa daya gue disibukin sama yang namanya UAS, tapi gue gak kaget dan gue punya beberapa tips supaya lancar dalam menghadapi UAS

Beberapa kampus kini udah mulai menggelar ujian akhir semester (UAS) termasuk kampus gue. Jika giliran UAS di kampusmu belum tiba, yuk, siap-siap supaya kamu gak stres menghadapi UAS. 

Sob.. menghadapi UAS tidak perlu lebay. Tidak dapat dipungkiri, UAS memang sebuah pertaruhan lulus atau tidaknya kamu dalam mata kuliah tertentu. Apa aja yang perlu dipersiapkan, oke berikut tipsnya:

1. Hindari orang yang sedang stres 

Percaya gak percaya, stres itu menular loh. Selama musim UAS, hindari belajar bareng dengan temanmu yang gampang stres. Apalagi jika dia gampang mengeluh tentang semua tugas yang harus dia selesaikan. Tekanan darinya hanya akan membuatmu makin stres. 

2. Makan makanan sehat dan berolahraga

Bantulah tubuh dan otakmu dengan mengurangi makanan bergula. Pilihlah kudapan dengan bahan dasar oatmeal, serta perbanyak protein, buah, dan sayuran. 

Jika kamu belajar untuk waktu yang lama, pastikan kamu minum cukup air putih, kurangi mengonsumsi kopi dan minuman manis. 

Jangan lupa, sempatkan untuk berolahraga meski hanya 10 menit berjalan kaki. Itu akan membuatmu lebih segar dan fokus. 

3. Atur waktumu 

Manajemen waktu dan penjadwalan penting untuk menghindari stres selama musim penuh tekanan ini. Tandai kalendermu untuk mengingatkan jadwal ujian dan rencana belajarmu. 

Enggak usah khawatir jika waktu hang outmu berkurang. Ingat saja targetmu untuk lulus semua mata kuliah dengan nilai baik, itu akan memudahkanmu 'berkorban' selama UAS. Kamu masih bisa bergaul dengan teman-temanmu setelah UAS selesai, kan?

4. Ambil waktu istirahat

Dalam setiap satu jam belajarmu, ambil sekira 10 menit untuk beristirahat. Lakukan apa yang kamu ingin selama 10 menit itu. Kamu bisa mengecek Facebook, jalan kaki, menelepon teman, atau mengalihkan pandanganmu dari layar komputer atau buku ke area kosong. Setelah itu, mulailah belajar lagi. 

Istirahat akan memberi otakmu jeda dari bekerja terus menerus dan membantumu tetap fokus ketika kamu serius belajar. 

5. Membayangkan ujianmu lancar

Coba deh, bayangkan kamu lancar dan percaya diri mengerjakan soal-soal ujian, karena tahu semua jawabannya. Bayangkan kamu kesulitan menghadapi ujian, lalu fokus kepada betapa rileks perasaanmu. Kemudian, bayangkan nilai A untuk tiap mata kuliah yang kamu ikuti. 

Ketika kamu membayangkan happy ending, itulah yang biasanya akan terjadi. Sebab, kamu membuat keputusan yang akan mengarahkanmu mewujudkan itu meski tanpa kamu sadari. 

6. Datang lebih cepat ke lokasi ujian

Gunakan waktu secukupnya untuk memarkir kendaraanmu, pergi ke kamar kecil, dan mencari tempat duduk yang nyaman selama ujian (atau menemukan tempat duduk sesuai dengan nomor ujianmu). 

Tapi, jangan datang terlalu cepat juga ya! Itu hanya akan membuatmu lebih cemas. 

7. Rileks

Ingat saja, perasaan cemas menghadapi ujian adalah hal yang alami. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus mengerjakan soal-soal ujian. 

Pastikan kamu memiliki kepercayaan diri begitu memasuki ruang ujian. Cobalah meninggalkan semua ketakutan dan kekhawatiran di luar ruang ujian sehingga kamu bisa fokus.


8. Nyontek


Nah sob, bagi kalian yang merasa keberatan mengikuti tips yang satu ampe tujuh gue punya tips yang terakhir buat kalian ya apalagi kalo bukan nyontek pas waktu UAS.. tapi gue berharap tips yang terkahir ini gak kalian ikutin, soalnya ini mengancam keselamatan jiwa kamu.  

Nah sob, udah siap ujian kan? 

Ditulis Oleh : agil muhammad ramdani ~ NyetNyet Blog

elo sedang membaca sebuah postingan edan yang berjudul Jangan Stres Ketika UAS, Ya.., semoga postingan gue ga jadi beban buat hidup lo ... *abaikan*

:: Thank you for visiting NyetNyet Blog ! ::

:: Calon orang nyeleneh ::